Kamis, 06 Oktober 2016

Long Flight Tips

Bagi akan yang bepergian jauh dengan menggunakan pesawat, apalagi solo traveler seperti saya T.T ada baiknya menyimak tips yang akan saya bagikan. Not so many sih tapi semoga berguna untuk yang baca blog ini. Tips yang saya bagikan saya ambil juga dari pengalaman sendiri.

1. 1st Thing First
Bagi para pemegang passport Indonesia, selamat! Kita senasib karena kita harus double check di tempat kita akan transit akan membutuhkan transit visa atau tidak. Punya visa untuk negara tujuan tidak menjamin anda boleh transit disana. Visa biasa dan transit visa berbeda. Amerika Serikat contohnya, meskipun kita hanya transit beberapa jam dan gak akan keluar dari bandara, para pemegang paspor Indonesia wajib harus punya transit visa. Ini penting banget, kalau nggak, percuma beli tiket mahal-mahal kalau gak bisa sampai ke tempat tujuan cuma karena transit visa, and I find this annoying and sad sih (more work for us). But rules are rules right...


2. Pakaian
Please, pakai pakaian senyaman mungkin. Ini penting banget (well, everybody knows). Tapi tips dari saya, kalau bisa jangan pakai pakaian yang baru dibeli untuk long flight unless you already know the quality, karena kita gak akan tau material dari pakaian itu nyaman digunakan untuk long flight atau nggak. Selalu persiapkan juga pakaian ganti in case ngotot kepingin pakai baju baru. Pengalaman saya, saya baru beli jegging di salah satu di toko pakaian B*rshka. Biasanya saya gak pernah mendapatkan masalah ketika pakai pakaian dari brand itu dan selalu merasa nyaman-nyaman aja. Saya baru beli dan sudah saya cuci juga semalam sebelum flight. 

Awal-awal sih nyaman saja dipakai, tapi di tahun lalu saya ada dua connecting flight, baru terasa gak nyaman di flight kedua. Rasa nya seluruh kaki saya sampai gatal banget dan terasa panas bukan main. Jadi sepanjang flight saya gak nyaman banget dan gelisah. Mungkin saya alergi sama materialnya atau bahan kimianya pada saat pembuatan jegging itu. Yes, even sudah dicuci. Terpaksa saya tahan rasa panas dan gatal itu selama 10 jam penerbangan. Intinya, meskipun pakaian itu terasa nyaman sewaktu dipakai, belum tentu nyaman dipakai dalam waktu yang lama.

Begitu juga dengan sepatu. Again, pakai sepatu yang super nyaman. Kalau kamu nyaman pakai sepatu lari, silahkan gunakan sepatu lari, pokoknya yang mudah dan nyaman dikenakan. Gak yang bikin lecet dan kaki sakit sana sini.


3. Obat-obatan
Kalau berpergian jauh, bawa obat-obatan yang sering digunakan atau obat umum. Yang sering sakit maag seperti saya, bawalah obat sakit maag. Tapi yang mutlak ada di tas saya yaitu tolak angin. Buat saya, tolak angin itu multifungsi banget. Bawanya juga jangan irit-irit. Selalu bawa lebih. Back to topic, obat umum seperti obat batuk, antimo, obat sakit kepala, obat demam, dan kawan-kawan.


4. Carry on and bag (or handbag)
Umumnya, kita diperbolehkan untuk membawa carry on dan bag atau handbag ke dalam kabin. maksimalkanlah itu. Taruh benda-benda yang akan dipakai atau akan digunakan ke dalam handbag. Saya sarankan handbag letakan di bawah kursi jangan dimasukan juga ke kabin (unless duduk tepat di emergency exit, karena tidak diperbolehkan) agar mudah dijangkau. Jadi, bila kita butuh cepat bisa langsung menjangkau nya tanpa permisi-permimsi sama penumpang sebelah. Contoh barang-barang yang sebaiknya dimasukkan ke handbag : obat-obatan, pen, passport, boardingpass, buku yang akan dibaca, gadget yang akan digunakan selama penerbangan. 

Kalau memang gak nyaman meletakan bag di bawah, taruh saja barang2 yang penting itu diselipan kursi pesawat, atau sekali-kali permisi sama penumpang sebelah untuk ambil barang di kabin gak salah juga sih, asal gak keseringan mondar-mandir aja. 


5. Travel Kit Size
Dalam penerbangan internasional, sangat tidak diperbolehkan untuk membawa segala barang berbentuk cair diatas 100ml ke dalam kabin pesawat. Oleh karena itu, kalau memang sabun cuci muka, shampoo atau keperluan lainnya diatas 100 ml, lebih baik beli travel kit nya dalam versi yang lebih kecil pastinya, atau siapkan wadah/tabung kecil dan pindahkan sebagian. Hikmahnya, bawaan jadi gak berat juga. Contohnya, saya selalu menyiapkan wadah contact lense ekstra, jadi sabun cuci muka saya pindah sebagian ke wadah seftlens tersebut supaya gak makan tempat di tas.


6. Neck Pillow
Neck Pillow ini penting gak penting sebenarnya. Bagi saya penting sih, biar ga sakit leher dan leher gak kemana-mana pas tidur. Pernah suatu hari saya ketiduran di pesawat, leher saya sudah ada di pundak orang lain. Untung pas saya bangun orang itu lagi tidur :') Untungnya lagi bukan di pundak pacar orang lain ya.. #duh


7. Always, Double Check Everything
Saya bukan tipe orang yang rapih banget dan melakukan sesuatu secara terorganisir. Tapi kalau masalah perjalanan jauh saya mendadak jadi agak organized. Buat list dikertas atau di handphone kalau malas, tentang barang-barang apa yang belum dimasukkan dan barang yang akan dibawa. Percaya deh, it helps you to double check everything.


8. Lock it!
Saya sih orang nya rada parno-an, jadi barang yang gak akan ikut bersama saya, seperti luggage yah selalu saya kunci, bahkan kalau ada ritsleting bagian depan, either dikunci atau dijahit mati, jadi gak bisa diselipkan apa-apa. Who knows right, jaga-jaga aja. Better now than sorry. 


9. Say NO
Kalau ada strangers yang pingin titip barang, barang apapun itu ke luggage anda bahkan dengan wajah puppies memelas sekalipun, just say no. Bukannya jahat dan gak punya hati, tapi ini beda cerita. You will never know siapa orang yang kita hadapi. Sekedar share, cerita di link ini bisa dijadikan pelajaran untuk kita semua.


10. Takut Beser
I know, I understand how you feel #tsahh. Terutama yang dapat seat ditengah atau di window seat karena rempong harus permisi-permisi dulu, apalagi penumpang sebelah tidur dan anda tipe gak enakan mau bangunin. That's true. Tapi jangan sampai dehidrasi juga apalagi udara di pesawat cenderung lebih kering. So don't stop urself to get some water for your throat when you feel like you need it :)


Begitulah kira-kira beberapa tips dari saya dan dari pengalaman saya sendiri. Saya silahkeun banged kalau ada yang mau menambahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar