Kamis, 06 Oktober 2016

PART II : Jakarta - Toronto

Incheon

Selama menunggu di gate keberangkatan saya hanya sibuk browsing. Untuk penerbangan berikutnya saya menggunakan maskapai penerbangan Air Canada dengan durasi penerbangan 13 jam. Sudah mulai terlihat orang-orang Canada yang kemungkinan akan berada satu pesawat dengan saya karena kami menunggu di gate yang sama. 

Saya berangkat pukul 3 sore Korean time. Awalnya saya bahagia karena saya mendapatkan window seat sewaktu check in di Soekarno-Hatta, karena saya pikir formasi seat di pesawat 2-3-2. Tapi ternyata formasi seat nya adalah 3-3-3, yang artinya akan susah saya untuk ke kamar kecil :(

Yang bikin saya senang adalah selama bertahun-tahun saya melakukan perjalanan jauh ke berbagai negara, pesawat ini memiliki perangkat TV yang paling canggih, juga disertakan dengan colokan USB, tapi toh akhirnya USB tidak saya pakai, karena terpotong waktu tidur dan asik nonton TV show.

Saya duduk disebelah bapak-bapak yang ternyata setelah ngobrol-ngobrol sedikit dia berasal dari Korea dan memang dari lahir sudah di Korea. Beliau akan ke Canada selama sebulan dengan tujuan bisnis. Physically, saya gak menyangka bapak-bapak ini orang Korea, karena secara fisik terlihat seperti orang Indonesia atau Filipina, baik dr struktur wajah, warna kulit, mata, dll. 

Selama 13 jam penerbangan saya gak beser2 amat untungnya, jadi gak perlu repotin 2 orang di sebelah saya untuk berdiri dan mempersilahkan saya keluar. So far, makanan di Air Canada oke dan gak pelit. Saya dapat 2 kali snack dan 2 kali makan utama. Snack yang diberikan berupa burger atau sandwich jadi cukup kenyang meskipun "hanya snack".

Tidur di dalam pesawat sangat tidak nyaman untuk saya, jadi beberapa kali saya terbangun. Enaknya window seat, saya bisa dengan gampangnya lihat pemandangan di luar (meskipun ga bisa lihat apa-apa juga).


Pemandangan dari dalam pesawat


Nyolong-nyolong sedikit untuk foto, ini lah salah satu course yang mereka kasih. Pilihannya seafood atau chicken, saya pilih sea food. Ada ikan, udang, dan teman-temannya.

Seafood

Setelah 13 jam berlalu, akhirnya saya tiba di Toronto sekitar pukul 3 sore waktu lokal. Semua rasa capek rasanya hilang begitu saja pas sampai. Excited but still deg-deg an sama orang imigrasi nanti.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar